Thursday 22 April 2010

0

Penjara Pikiran Dibs – Virginia M. Axline

  • Thursday 22 April 2010
  • Unknown
  • Share

  • “Dibs…dia sangat memusingkan. Suami saya dan saya sangat bahagia sebelum Dibs lahir. Dan saat ia lahir, semua menjadi sangat berbeda. Benda yang begitu besar dan tak berbentuk! Sama sekali tak member tanggapan. Bahkan, sejak lahir dia sudah menolak saya. Dia akan mengejang dan menangis setiap kali digendong!” begitulah keluhan ibu Dibs ketika berkonsultasi dengan seorang ahli terapi. Dia tak sanggup lagi menahan beban emosionalnya dan memutuskan meminta bantuannya untuk menangani anaknya, Dibs. Ada apa dengan bocah lelaki ini? Tingkah laku Dibs sangat tidak lazim. Suatu saat, dia menujukkan perilaku seperti anak erbelakang mental. Pada saat lain, dia dengan cepat dan tenang mengerjakan sesuatu yang mengindikasikan bahwa dia anak yang sanga cerdas.
    Tingkah laku ini ternyata juga tidak tak lepas dari kondisi di rumah Dibs: orang tuanya tak menginginkannya, sekaligus luput mengenali potensi kecerdasan Dibs yang di atas rata-rata. Atmosfer di rumahnya juga begitu dingin tanpa cinta kasih. Bagaimana Dibs mampu terbebas dari “penjara” ini?
    Buku ini ditulis langsung oleh mantan ahli terapi yang menangani Dibs, dan dengan gamblang menunjukkan bagaimana menangani anak-anak dengan kasus semacam Dibs. Inilah buku klasik terapi anak yang memaparkan perkembangan Dibs dari waktu ke waktu.
    “Buku ini menyadarkan kita semua bahwa dengan kekuatan cinta seorang anak dapat menemukan poensinya yang menakjubkan.” –Kak SetoKomnas Perlindungan Anak
    “Kesabaran, ketekunan, dan komitmen seorang professional mampu mengubah perilaku seorang anak bermasalah. Patut dicontoh oleh para orangtua.” –Prof. Dr. Sarlito W. SarwonoPsikolog
    “Kisah yang sangat menyentuh! Siapapun yang membaca akan sadar betapa besarnya pengaruh kasih saying yang tulus pada perkembangan seorang anak. Inspiratif, terutama bagi para praktisi, orangtua atau keluarga dari penderita autis tentang bagaimana menangani kasus-kasus serupa.“ –Dyah PuspitaPsikolog dan ibu seorang remaja penderita autis.
    Penjara Pikiran Dibs
    Kisah Nyata Keberhasilan Terapi Bermain pada Anak Dengan Gangguan Perkembangan Mental
    Diterjemahkan dari Dibs in Search of Self
    Karya Virginia M. Axline
    Penerjemah: Anastasia Rima Hendrarini
    Penerbit: Qanita
    Cetakan I, Maret 2010
    Tebal: 308 hlm.; 20,5 cm

    0 Responses to “Penjara Pikiran Dibs – Virginia M. Axline”

    Post a Comment

    Subscribe