Wednesday, 24 March 2010

0

Cara Mudah Blokir Situs Yang Tidak Dikehendaki

  • Wednesday, 24 March 2010
  • Unknown
  • Share

  • Di satu sisi, internet menjadi sarana edukasi yang menghibur bagi anak, namun di sisi lain bisa berbahaya karena anak bisa dengan mudah mengakses informasi atau gambar-gambar yang tidak sesuai dengan usia mereka. Salah satu cara untuk mencegah anak menemukan dan membuka gambar dan situs-situs yang tak dikehendaki adalah dengan memblokir situs-situs yang tak baik bagi mereka. Cara ini sangat mudah, tanpa software. Berikut ini cara yang simple untuk memblokir situs atau website agar tidak dapat di akses  dengan cara memanfaatkan file hosts bawaan system operasi windows.
    Langkahnya, masuklah ke directory berikut ini :
    Windows –> System32 –> drivers –> etc
    Buka C:\WINDOWS\system32\drivers\etc, di situ ada file dengan nama hosts. Buka file tersebut dengan notepad/ wordpad, di dalamnya terdapat teks seperti ini:
    127.0.0.1 localhost
    Nah, misalnya kita ingin memblokir situs facebook dan Youtube, tambahkan saja daftar baru, misal:
    127.0.0.1   localhost
    127.0.0.2   http://www.facebook.com
    127.0.0.3   http://www.youtube.com
    Catatan: semakin banyak situs yang mau kita blokir, maka ujung IPnya harus berurutan, mulai dari 1 sampai berapa banyak situs yang akan kita blok.
    127.0.0.4  http://www.google.com
    127.0.0.5  www….
    127.0.0.6  www….

    dan seterusnya.
    Kalau sudah selesai, jangan lupa save. Sekarang coba buka situs-situs yang sudah masuk dalam daftar blokir, maka browser kita akan menampilkan pesan kesalahan koneksi. Mudah kan? Nah, jika ingin membuka blokir, hapus saja daftarnya dan save.
    Semoga bermanfaat

    0 Responses to “Cara Mudah Blokir Situs Yang Tidak Dikehendaki”

    Post a Comment

    Subscribe