Wednesday 24 February 2010

0

Sekedar Tips Melawan “Hantu” Insomnia

  • Wednesday 24 February 2010
  • Unknown
  • Share

  • Sebagian dari kita pasti ada yang hobi begadang, nonton bola, atau senyum-senyum sepanjang malam, dan lain sebagainya. Tapi sebagian yang lain, termasuk saya, merasa jengkel kalau sudah sulit tidur, ah padahal tak ada kegiatan. Hm, ini bisa jadi ulah insomnia. Insomnia adalah “hantu tengah malam” yang merebut waktu tidur kita. Ia dapat menyerang semua golongan usia. Ia membuat kita mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Ada juga yang mengatakan tipe insomnia seperti sering bangun tengah malam atau bangun terlalu dini. Meskipun banyak orang yang terbiasa bangun lewat tengah malam untuk melaksanakan sholat malam, misalnya. Tidak masalah, kecuali bila sudah sangat menganggu, sangat kronis. Lalu apa penyebabnya?
    Makan malam terlambat bisa menganggu proses masuk tidur, terutama bila dalam porsi besar. Apalagi jika mengkonsumsi protein yang berlebihan. Maka makanlah minimal 2 jam sebelum tidur dengan porsi sedang. Nah,diet super-ketat juga dapat menyebabkan sering bangun tengah malam karena rasa lapar akibat turunnya kadar gula, kekurangan vitamin, mineral dan zat gizi lain. Maka jika ingin berdiet, konsultasilah ke ahlinya. Insomnia juga bisa disebabkan alergi terhadap makanan. Jika insomnia dicurigai karena satu jeni makanan, hentikanlah mengkonsumsinya beberapa minggu lamanya, kalau bisa seumur hidup. Nah, kebiasaan mengkonsumi teh, kopi. rokok bahkan alkohol sebelum tidur, bisa juga menjadi penyebabnya. Yang justru dianjurkan adalah segelas susu hangat.
    Saya seringkali sering bangun malam karena rasa lapar yang membakar. Saya tahu hal itu disebabkan karena gangguan kesehatan, biasanya gangguan saluran pencernaan, umumnya lambung. Seharusnya sih saya segera pergi ke dokter, minta diperiksa. Tapi saya sering membiasakan diri minum segelas air putih jika lapar mendera, hal itu jadi solusi yang mudah. Tapi, tentu saja, jangan terlalu banyak minum air putih, bisa sibuk dong kita mondar-mandir ke toilet. Penyebab lain, kita super sibuk, sehingga kita makan asal-asalan, yang penting perut terisi. Akibatnya, kebutuhan vitamin, mineral dan zat gizi lain tidak terpenuhi. Tak luput, kebiasaan menonton TV dan membaca buku, bisa juga menjadi salah satu penyebabnya. Kebiasaan itu harus segera dikurangi, setidaknya sejam sebelum tidur. Hm, jarang mandi juga bisa membuat susah tidur. Badan jadi tak enak, gerah. Makanya ada yang menganjurkan mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur, karena akan  merangsang tidur, dan tubuh jadi tidak tegang.
    Penyebab lain mungkin terlalu tingginya tingkat stress. Hal ini biasanya sering menyerang orang yang berusia lebih tua. Meskipun di zaman sekarang, orang muda juga bisa terkena stress yang akut. Banyak cara untuk melawan stress, bisa dengan “membebaskannya” pada hobi, misal menulis dan lainnya. Bisa juga dengan olah raga yang teratur, di pagi harinya. Dengan olah raga, kita bisa memberi energi yang kuat bagi tubuh untuk meminimalisir stress. Biasakan melakukan relaksasi secara rutin, misalnya mendengarkan musik, melatih pernafasan atau meditasi, agar tubuh santai.  Kesulitan untuk tidur, bahkan insomnia, memang bisa membuat seseorang menderita. Pastikan tempat tidur kita dan lingkungan sekitar dibuat senyaman mungkin, membuang cemas dan rasa khawatir dalam kepala, dan membiasakan hidup yang sehat dan tidur yang teratur.
    Hanya itu yang saya tahu, barangkali masih banyak hal lain yang menjadi penyebab waktu tidur seseorang bermasalah. Tentu saja, ada banyak hal juga untuk mengatasinya… []

    0 Responses to “Sekedar Tips Melawan “Hantu” Insomnia”

    Post a Comment

    Subscribe