Monday 11 March 2002

0

Gadis Jakarta

  • Monday 11 March 2002
  • Unknown
  • Share

  • 101_4845
    Gadis Jakarta karya Najib Kaelani, novelis Mesir ini menceritakan kondisi pergolakan politik Indonesia tahun 1965. dikisahkan seorang gadis, anak dedengkot Masyumi yang harus berjuang sendirian membebaskan ayah dan kekasihnya yang ditahan oleh ‘partai’, karena menentang haluan ideology ‘partai. ‘partai (PKI) demikian menguasai percaturan politik Indonesia ketika itu. Mereka menggunakan berbagai cara untuk mencapai cita-cita. Namun kegigihan Az Zaim (ketua partai) kandas oleh kegigihan seorang gadis muda. Karena cintanya ditolak Az Zaim nekat menggunakan berbagai cara, termasuk menculik dan memenjarakan sang ayah dan kekasih Fatimah (nama gadis itu).
    Novel ini juga bias disebut novel sejarah, karena menceritakan babak demi babak pergolakan politik, yang menurut setting cerita ini adalah pemberontakan PKI. Uniknya penulis menggunakan berbagai simbol untuk memperkuat ide cerita. Namun kesan romantis dari sebuah novel tetap terjaga dengan baik.
    Barangkali novel ini adalah satu-satunya novel yang ditulis orang asing, khususnya Arab tentang kondisi Indonesia. Bias jadi karena kedekatan ideologis antara Indonesia dan Mesir yang mengilhami penulis. Seperti kedekatan ideologi Masyumi dengan Ikhwanul Muslimin di Mesir.
    Gadis Jakarta
    Penulis: Nadjib Kaelani
    Judul Asli: A’dzrau Jakarta
    Cetakan I, April 2001
    Penerbit NAVILA
    Tebal 224 Halaman

    0 Responses to “Gadis Jakarta”

    Post a Comment

    Subscribe