Thursday 28 February 2013

0

Cara Membuang Mystart Incredibar.Com di Mozilla Firefox

  • Thursday 28 February 2013
  • Unknown
  • Share

  • malwareBarangkali, saya terlalu sering melakukan instalasi software hasil unduhan, makanya mengalami sedikit “gangguan” ini. Ya, ketika saya akan membuat tab baru dengan mengklik tanda plus pada bilah navigasi firefox, atau Ctrl + T di keyboard, muncul dengan otomatis laman Mystart Incredibar.Com. Entah kenapa, bisa tiba-tiba muncul, biasanya jika membuka tab baru, yang muncul laman kosong atau laman Google. Saya cari di Add ons Mozilla, tidak ada satupun yang berkaitan dengan Incredibar. Saya pikir sih memang tidak berbahaya, tapi bagi saya, cukup mengganggu! :D Akhirnya saya pelajari kasus ini dari mbah Google. Ternyata eh ternyata, pada kasus saya, Mystart menyimpan string pada konfigurasi Mozilla Firefox. Pada kasus lain, malware semacam ini bisa juga ditemukan terinstall di daftar program windows. Malah, di beberapa versi Firefox dan browser lainnya, muncul juga “penyakit” ini. Tentu saja, dengan penanganan yang berbeda. Misalnya, di Chrome, bisa ditemukan lewat pengaturan Extensions-nya; atau di Internet Explorer bisa dilacak di Options-nya. Oke, bagi yang belum tau dan mengalami hal serupa, saya ingin berbagi cara untuk membuangnya. Nah, seperti ini tampilan yang saya anggap “penyakit” yang mengganggu aktivitas saya di Mozilla Firefox:
    Gambar
    Berikut langkah-langkah penanganan-nya:
    1. Buat Tab Baru (Ctrl + T) atau:
    Gambar
    2. Ketik about:config di kotak adress bar, lalu tekan Enter. Jangan kaget jika muncul peringatan seperti ini:
    Gambar
    3. Klik saja Saya berjanji akan hati-hati, atau dalam versi inggrisnya: I’ll be careful, I promise. Akan muncul laman about:config.
    4. Pada kotak Search/ Cari, ketik My Start. Enter.
    Gambar
    Akan muncul daftar yang berkaitan dengan Mystart.
    Gambar
    5. Langkah terakhir, klik ganda item-itemnya, lalu kosongkan link yang ada dalam kotak, atau bisa diisi dengan link yang sobat mau, misalnyahttp://google.com. Klik OK.
    6. Selesai.
    Bagi yang mengalami, selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

    0 Responses to “Cara Membuang Mystart Incredibar.Com di Mozilla Firefox”

    Post a Comment

    Subscribe